Senin, 12 Oktober 2020

FAKTA DAN MITOS BUNGA KAMBOJA

FAKTA DAN MITOS BUNGA KAMBOJA 

"Allah menggenggam jiwa seseorang ketika matinya dan menggenggam jiwa seseorang yang belum mati di waktu tidurnya. Maka Dia menahan jiwa seseorang yang ajal kematiannya telah tiba dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. – (Q.S Az-Zumar: 42)" 

-Kamboja "Menyakitkan, ketika ditinggal pergi orang yang tak akan pernah kita lihat lagi didunia"

Bunga kamboja atau disebut juga bunga kemboja merupakan bunga yang sering ditemukan di tempat pemakaman. Sebenarnya kamboja adalah jenis tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah. Bunga kamboja berasal dari Amerika Tengah dan diperkirakan kamboja baru masuk ke Indonesia saat terjadi penjajahan.

Di balik penampilannya yang cantik, ternyata ada banyak hal mistis dan mitos di balik bunga kamboja. Apa saja fakta dan mitos bunga kamboja yang kerap diidentikan sebagai bunga kuburan ini?

Fakta Bunga Kamboja 

-kamboja atau plumeria ditemukan oleh Charles Plumier (1646-1706) seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis. 

Tanaman khas daerah tropis ini harus mendapatkan banyak cahaya matahari secara langsung. Pohon kamboja minimal harus terpapar matahari enam jam setiap hari. Iklim dan cuaca di Indonesia sangat cocok untuk pertumbuhan pohon kamboja. Pohon kamboja sendiri dapat diperbanyak dengan mudah dengan metode stek batang. 

Walaupun memiliki nama kamboja, bunga ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan negara Kamboja. Bunga kamboja adalah bunga dengan mahkota bunga berwarna putih, di tengah bunganya berwarna kuning. Ada juga jenis yang mahkotanya berwarna merah keunguan. Tinggi pohonnya dapat mencapai 6 meter. Daunnya berwarna hijau tua, tebal dan bentuknya lonjong. Bunga kamboja hampir sepanjang tahun selalu berbunga. Biji kamboja berbentuk bulat lonjong mirip biji petai. Biji ini merupakan cikal bakal dari tumbuhan kamboja yang baru. Namun pada saat ini jarang orang yang menanam kamboja menggunakan bijinya.  

-Pohon di Pemakaman 

Di Indonesia, pohon kamboja banyak dijumpai di pemakaman. Uniknya, pohon kamboja akan merontokkan bunganya sebelum layu dalam kondisi masih menyimpan wangi yang baik. Keadaan ini membuat pemakaman dapat bertabur bunga secara berkala dan tetap wangi oleh bunga kamboja, meski tidak ada orang yang datang untuk menaburkannya. 

Karakteristik pohon kamboja sangat membutuhkan pemupukan intens dan kuat untuk bisa terus hidup dan berbunga. Jasad dalam kuburan akan membusuk secara organik dan membuat tanahnya sangat subur untuk pohon kamboja. Sehingga pohon ini sangat cocok untuk karakteristik tanah makam atau kuburan. 

Selain itu, karakteristik daun yang tumbuh bergerombol bisa dimanfaatkan sebagai peneduh bagi pengunjung yang datang. Sehingga banyak yang mengaitkan bunga kamboja dengan hal-hal mistis.  

Mitos Bunga Kamboja  

1. Mitos Bunga Kamboja tentang Jelmaan Gadis & Melambangkan Kesetiaan 

Bunga yang sering dikira berkerabat dengan adhenium ini menurut cerita masyarakat terdahulu merupakan jelmaan dari seorang gadis. Gadis tersebut sedih karena kehilangan kekasihnya, sehingga ia memutuskan menunggu dan menemani kekasihnya yang telah meninggal di pusaranya. Hingga suatu hari gadis tersebut pun meninggal dunia. Kemudian tumbuhlah pohon kamboja di tempat gadis itu meninggal. Setiap hari ia menggugurkan bunga nya tepat diatas pusara. 

Karena mitos inilah bunga kamboja juga disebut bunga kesetiaan. Di Pulau Jawa, kebanyakan kamboja tidak di tanam di pekarangan rumah karena di percaya dapat mengundang roh jahat. Sedangkan di Pulau Dewata kamboja ditanam di sudut-sudut halaman rumah, di pura dan digunakan sebagai bunga persembahan. Masyarakat Bali sangat menyukai bunga kamboja. Di Cina dan Korea bunga kamboja dikeringkan, kemudian digunakan sebagai teh.  

2. Bunga yang Menandakan Rezeki Ada juga yang beranggapan jika kita menemukan bunga kamboja yang memiliki jumlah mahkota 4 atau 6 maka ia bisa mendatangkan rezeki. 

Semoga informasi ini bermanfaat iya sahabat Sucirsm :)

Tidak ada komentar:

Goresan Pena

Tentang Wanita

`Wanita adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Seperti sabda Rasulullah Saw dlm hadis Shahih, bahwa dunia ini adalah perhiasan & sebaik-bai...