Rabu, 30 Desember 2020

Tentang Wanita

`Wanita adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Seperti sabda Rasulullah Saw dlm hadis Shahih, bahwa dunia ini adalah perhiasan & sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. 

Apabila setiap wanita menyadari hal ini, mungkin para wanita akan berlomba² menghiasi dirinya dengan taqwa, tidak menyibukkan diri untuk mencari perhatian laki² yang bisa jadi berujung patah hati. 

Kata Allah di surah An-Nur ayat 26 "wanita yang baik untuk laki² yang baik"

` Wanita adalah madrasah pertama & utama bagi buah hatinya.

Tidak ada alasan bagi wanita untuk bermalas-malasan menuntut ilmu, karena ladang juang wanita bukan hanya di sumur, dapur, & kasur.

Logikanya, urusan sumur, dapur & kasur pun tetap membutuhkan Ilmu.

Sehingga, untuk urusan lainpun pasti menggunakan ilmu.

mulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi ada aturannya. Kalau semuanya sudah sesuai dengan ilmunya (plus) disisipi dengan adab/akhlak yang baik, in syaa Allah dalam menjalani haripun kita akan lebih mudah.

Terus belajar tanpa henti, terus memperbaiki diri tanpa nanti. SIIIAAAAAAP?? 💪🏻💪🏻

`Wanita lambang kemuliaan.

Kenapa lambang kemuliaan?

(*in syaa Allah setelah ini saya akan sedikit bercerita tentang wanita² di kota Tarim, Yaman)

Ada yang pernah mendengar nama "Tarim" sebelumnya???🤔

Foto Hasil Google

`SIFAT WANITA TARIM YANG MEMPESONA

Kehidupan wanita di kota Tarim Hadramaut jauh berbeda dengan sebagian besar wanita-wanita muslimah di dunia

Wanita-wanita Tarim terbiasa dari sejak kecil dibesarkan di lingkungan ulama, siang malam obrolan mereka adalah majelis ilmu, alqur’an, adab, akhlak, tasawwuf

Mereka dibesarkan tidak kenal musik, tidak kenal kebiadaban, tidak kenal wajah orang fasiq, bahkan para wanitanya tidak pernah melihat lelaki selain kakaknya dan pamannya. (masya Allah 🥺)

Saat mereka menikah, ketika ditanya pada istri "apa sih kesannya saat awal berjumpa?"
.
Ia menjawab :
"Saya bingung, seumur hidup saya belum pernah melihat lelaki selain kakak kandung saya, lalu ini ada lelaki asing duduk di kamar saya."

Demikian keadaan mereka. Mereka tak menyusahkan suaminya, begitu pula suami kepada istrinya

Bila susu habis misalnya, atau beras, atau apa saja yang perlu dibeli, mereka tak berani bicara pada suaminya karena takut suaminya sedang tidak ada uang, atau sedang sibuk. Maka mereka taruhlah bungkus-bungkus kosong itu ditempat yang sekiranya menyolok terlihat oleh suaminya.

Demikian pula suami, seluruh hajat pasar, sayur dan lainnya suamilah yang belanja.

Istrinya boleh boleh saja keluar, ke pasar kaum wanita, misalnya belanja baju, atau barang barang khusus wanita. Namun, kalau urusan dapur, sayur, beras dan lainnya itu tugas suami atau pembantu.

Istri selalu membuat kamar tidur wangi. Bila suaminya pulang, maka pastilah kamar sudah ditata rapi dan sangat wangi, pakaian suami sudah pasti wangi, kamar mandi wangi, semua ditata serapi mungkin.

Istri tak pernah mengangkat suara pada suami, tak pernah marah, tak pernah cemberut. Bila kesal, mereka menangis dan mengadu pada suaminya dengan lirih. Itulah cara marah mereka

Demikian pula suami, tak pernah marah pada istri, apalagi mencaci. Bila sudah sangat kesal atas sesuatu, suami tulis surat pada istri lalu pergi atau tidur, nanti istri menjawab pula, lalu suami menjawab pula, akhirnya keduanya tertawa bersama.

Banyak sekali keistimewaan wanita tarim.

Menurut salah satu mahasiswa Indonesia yang menjalani studi disana, hampir tidak pernah ada bahkan bahkan jarang sekali ada kabar (berita) seperti pemerkosaan, pembunuhan, bahkan perkelahian ditanah Tarim.

Hakikatnya, karena wanita² tarim mengerti &  menyadari bahwa wanita memiliki PERAN yang sangat penting bagi AGAMA, BANGSA, bahkan DUNIA.

Sehingga waktu mereka selalu berharga, selalu dioptimalkan sebaik mungkin.

Hatinya tidak dibiarkan keliuran,

Lisannya diusahakan selalu berbicara yang baik-baik bahkan penuh dengan dzikir,

Setiap detiknya adalah ibadah, karena urusan mencuci beras pun mereka tetap melantunkan ayat² suci Al-Quran beserta wirid yang dibacakan.

Jika fokus dengan urusan agama, bagaimana dengan urusan dunianya?

Soal dunia jangan di tanya...

Pagi², setiap wanita harus membuat roti untuk sarapan. (rotinya pun tdak seperti roti yang ada di Indonesia)

Penuh perjuangan dalam membuatnya.

Begitulah sekilas tentang kota wanita tarim.

Atas kesadaran mengenai dirinya sebagai wanita, peranan mereka sangat berarti bagi agama, bangsa, & agama..


Tidak ada komentar:

Goresan Pena

Tentang Wanita

`Wanita adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Seperti sabda Rasulullah Saw dlm hadis Shahih, bahwa dunia ini adalah perhiasan & sebaik-bai...